Wednesday, August 3, 2011

Wiraswasta Rumahan


Wiraswasta rumahan sama artinya dengan berbisnis dari rumah sendiri. Dikota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan kota-kota lainnya yang sibuk dan semua jalan raya macet dimana-masna, membuat banyak orang ingin bekerja atau berbisnis dari rumah.


Itu sebabnya wiraswasta rumahan dewasa ini sudah menjadi salah satu pilihan yang di inginkan rakyat perkotaan agar tidak terikat lagi dengan kantor, tidak terjebak kemacetan, dan bisa terus bersama denganorang-orang tercinta di rumah. 



Namun, memang pada kenyataannya membuat wiraswasta rumahan tidak semudah membalikkan telapak tangan, Sebab ada banyak masalah dan hambatan untuk seseorang benar-benar bisa sukses dalam berwiraswasta rumahan. Lalu, adakah cara atau tips untuk menghindari masalah tersebut? Serta apa sajakah jenis-jenis wiraswasta yang dapat kita lakukan di rumah? Coba simak penjelasan berikut ini.


Apakah Anda penggemar tanaman? Mengapa tidak memulai merintis bisnis Nursery? Nursery yaitu tempat jual beli dan pengembangbiakan aneka tanaman, khususnya tanaman hias. 


Anda dapat memilih aneka bibit tanaman hias yang harganya berkisar 5 ribu sampai 25 ribu rupiah. Lalu, bagaimana dengan tempat? Jika memiliki halaman yang luas, tentunya tidak menjadi masalah. Namun yang memiliki halaman kecil, dapat memulainya dengan membuat tempat pot berundak dari bambu atau kayu.

Pot-pot tanah liat yang berisi tanaman hias bisa Anda letakkan secara berundak. Jangan lupa beri terpal/penutup yang transparan untuk menghindari sinar matahari langsung. Apabila semua tahapan sudah dilakukan dan siap menjalani bisnis nursery, jangan lupa berpromosi. Sebarkan brosur atau promosi dari mulut ke mulut.

Berikutnya apakah Anda penggemar masakan, kue-kue atau cokelat? Mengapa tidak mencoba membuat warung makan, catering atau menerima pesanan kue-kue dan cokelat? Hal yang harus dipersiapkan adalah modal. Kemudian tempat, apabila Anda ingin membuka warung makan. 

Modal sendiri bisa didapat dengan beberapa cara, yaitu menabung atau meminta bantuan modal ke bank. Kalkulasikan seluruh biaya, mulai dari pasokan bahan baku masakan/kue, peralatan memasak/membuat kue atau coklat dan pengolahannya, gaji pegawai, sewa tempat (akan lebih ringan jika memulai membuka warung makan di halaman atau garasi). Setelah semua beres, cobalah berpromosi. Promosi dengan memberi sampel gratis, lewat brosur dan promosi dari mulut ke telinga.

Terakhir, apakah anda seorang fashionista? Kenapa tidak mencoba membuat toko online atau berjualan di rumah? Pilihannya bisa pakaian, sepatu, tas, kerudung, atau aksesoris. Untuk memulai bisnis seperti ini sebenarnya tidak perlu modal yang terlalu besar. Dengan uang Rp750.000 sampai Rp2.000.000, Anda sudah bisa memulainya. 

Cobalah berbelanja ke pusat grosir. Jika Anda sudah mempunyai langganan, mintalah sistem konsinyasi. Jika ada barang yang tersisa, Anda dapat mengembalikannya tanpa harus membayar, dan diganti dengan produk baru dengan harga yang sama. Hal yang penting Anda harus jujur, disiplin dan ulet.


Keuntungan lain yang Anda Dapat dengan Melakukan Wiraswasta Rumahan, Selain keuntungan finansial, Anda akan mendapat:
  1. waktu yang lebih banyak dan berkualitas di rumah dengan keluarga;
  2. kebebasan dari ikatan aturan waktu dan aturan lainnya yang ada di suatu perusahaan;
  3. lebih rileks dan tenang;
  4. bebas menentukan langkah dan strategi bisnis yang Anda mau;
  5. mendapat lebih banyak relasi dan wawasan.

Hal yang perlu diingat, jangan berharap keuntungan datang cepat menghampiri. Semua perlu waktu dan kesabaran. Anda harus selalu peka terhadap keinginan pasar, pintar menonjolkan kelebihan produk Anda dibanding produk lain yang sejenis, jujur, ulet dan pantang menyerah, adalah kata kunci yang akan membawa anda sukses menjadi seorang wiraswasta rumahan.

1 comment:

  1. blog yg bagus..sy mau buka usaha di rumah..jd makin semangat

    ReplyDelete