Monday, August 22, 2011

Belajar Pemasaran

Pemasaran adalah kunci bergulirnya sebuah bisnis. Tanpa pemasaran, tidak mungkin sebuah bisnis akan maju apalagi berkembang. Jika sebuah bisnis, punya modal besar, dengan produk kualitas nomor satu, tapi timpang dalam pemasaran atau marketing, maka bisnis tersebut tidak bisa berjalan sesuai keinginan pemiliknya.

Persaingan pasar memang sudah semakin sengit, khususnya di industri retail-hypermarket dan industri Fast moving consumer goods, coba kita perhatikan persaingan di pusat grosir pakaian dan garmen Tanah Abang. Jika kita lihat di industri telekomunikasi (handphone) persaingan sengit juga terjadi baik di principal merk ponsel sampai operator telekomunikasi. Persaingan juga terjadi pada industri otomotif dan industri teknologi informasi.

Sebagai pemilik usaha atau praktisi manajemen perusahaan harusnya kita mulai waspada akan kondisi ini. Kita harus berpikir praktis, taktis dan strategis, bukan hanya konseptual dan teori yang spektakuler, tapi diperlukan action yang spektakuler.Jelas sekali bahwa saat kini kita sangat memerlukan marketing, branding, dan positioning agar kita memenangkan persaingan di pasar yang semakin ketat saat ini.

Untuk mencapai tujuan marketing yaitu merebut pangsa pasar, kita harus punya strong brand dan brandvalue yang tinggi, serta membangun komunitas yang terus menerus, membangun mata rantai berkesinambungan antara pemasok-distributor-peritail-pengguna-pihak terkait. Jadi branding dan marketing dilakukan berkesinambungan agar tercapai brand yang kuat dan positif.


Brand yang kuat
- Meningkatkan harga pasar
- Lebih memudahkan untuk memperkenalkan produk-produk baru.
- Meningkatkan kemampuan menarik/mempertahankan karyawan/mitra bisnis berkualitas.
- Membantu saat perekonomian menurun.

Nilai dari sebuah brand
- Menciptakan standar / preferensi.
- Membangun keperdulian (awareness)
- Mudah menjangkau patner, distributor, reseller/pelanggan
- Menunjukkan kepemimpinan di dalam bisnis.
- Mempengaruhi pola pembelian.
- Menciptakan nilai bagi sebuah kemitraan
- Menunjukkan komitmen, kompetensi, dan kualitas yang kuat.
- Mengangkat mitra kecil menjadi lebih feasible dan credible.
- Bisa kolaborasi / co-branding yang saling menguntungkan.

Tipikal sebuah brand dari :
- Warna
- Logo
- Ketenaran
- Branding sendiri bisa menciptakan suatu perasaan positip bahkan sampai mendarah daging.
- Pengguna brand merasa sebagai pemenang, terbaik, high profile.
- Semua orang membicarakannya dalam komunitas.

Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat. Mari terus berjuang tanpa mengenal menyerah untuk meraih dan menikmati kesuksesan dengan penuh syukur kepada Tuhan pencipta alam semesta.

1 comment: